Tuesday, December 27, 2011

Bagaimana Mencari Ilmu yang Benar Dalam Islam?

 
Ilmu sangat bermanfat sekali dikehidupan manusia pada umumnya, dengan ilmu pula seseorang bisa menjadi orang yang sukses, yang berhasil dalam mencapai cita-citanya. Apalagi dizaman yang modern ini sudah  banyak media yang dapat kita gunakan untuk mendapatkan ilmu, misalnya Internet, Handphone, Koran, dll.

Apalagi jika kita sebagai umat islam, dimana mencari ilmu itu wajib hukumnya. Sebagaimana Rasulullah SAW bersabda dalam sebuah hadist : "Tolabul ilmi faridhotun ala kulli muslim" ( Mencari Ilmu wajib hukumnya bagi tiap-tiap muslim. ) (H.R Ahmad dan Ibnu Majah). Oleh karena itu, selama kita masih muda alangkah baiknya bila kita habiskan waktu kita dalam mencari ilmu dunia dan akhirat.

Selain itu, dengan mencari ilmu selama kita masih hidup dan ilmu itu bisa bermanfaat bagi diri kita dan orang lain, maka saat kita meninggal nanti kita akan tetap mendapatkan aliran pahala karena ilmu yang bermanfaat itu. Sebagaimana Nabi Muhammad SAW bersabda : " Jika orang Iman meninggal maka putuslah semua amalannya, kecuali 3 perkara : 1.) Sodaqoh Jariyyah 2.) Ilmu yang bermanfaat 3.) Anak yang sholih  yang mendoakan pada kedua orang tuanya."
Adapun suatu tempat yang baik dalam mencari ilmu, menurut Sahabat Ali bin Abi Tholib : "Ni'mal Majlis yunsyarru bihi nikmah wa turja bihi rahmah." ( Sebaik-baiknya tempat duduk adalah bila dalam perkumpulan itu ada penyebaran ilmu dan menghendaki dia pada kebaikan atau rahmat.").
Namun menurut Syekh Chumaidi, "Kebanyakan apabila kita berkumpul maka yang dibicarakan adalah kata-kata yang banyak dan tidak bermanfaat.". Oleh karena itu beliau menyarankan," Persedikitlah bertemu dengan orang lain, kecuali dengan dua hal yaitu  Untuk mencari Ilmu dan memperbaiki keadaan."

Begitu pentingnya Ilmu dalam Islam, oleh karena itu kita sebagai generasi muda harus bersemangat dalam mencari ilmu, baik ilmu dunia maupun ilmu akhirat. Dimana nantinya Ilmu tersebut juga kan menjadi penerang ( cahaya ) dizaman yang akhir ini. Sebagaimana Nabi Muhammad SAW bersabda : "Al Ilmu Nurrun" ( Ilmu itu adalah cahaya).

No comments:

Post a Comment